SEARCH ENGINE
Mesin pencari atau Search
engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan
pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis,
ataupun news group dalam sebuah ataupun
sejumlah komputer peladen
dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat
pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya
ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat
akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits.
Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam
jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya.
Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data
yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori
web.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan
swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup,
di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search
dan Yahoo!).
Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber
terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.[1]
Mesin pencari lainnya seperti Aliweb, muncul di 1993 dan masih
berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang
berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai
di Carnegie Mellon University sebagai
proyek riset di tahun 1994.
Segera setelah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan
dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing
bersaing dengan menambahkan layakan-layanan tambahan seperti yang dilakukan
oleh Yahoo.
Tahun 2002 Yahoo! mengakuisisi Inktomi, setahun kemudian mengakuisisi
AlltheWeb dan Altavista kemudian meluncurkan
mesin pencari sendiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin
pencari yang telah diakuisisinya serta memberikan layanan yang mengutamakan
pencarian Web daripada layanan-layanan lainnya.
Di bulan desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari
teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan
tingkat unjuk kerja yang jauh lebih baik.
Mesin pencari juga dikenal sebagai target investasi internet yang
terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa perusahaan mesin pencari yang masuk ke dalam
pasar saham diketahui mencatat keuntungan besar. Sebagian lagi sama sekali
menonaktifkan layanan mesin pencari, dan hanya memasarkannya pada edisi-edisi enterprise
saja, contoh Northern Light
sebelumnya diketahui merupakan salah satu perintis layanan mesin pencari di
internet.
Google muncul pada akhir tahun 1997, dimana Google memasuki
pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan mesin
pencari, seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos, dimana
perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagian perusahaan yang bergerak
dalam bidang layanan pencarian di internet. Hingga akhirnya Google mampu
menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di dunia.
Saat tingginya persaingan antar mesin pencari yang ada,
namun mesin pencari lain tidak mampu menghentikan kesuksesan Google. Setelah
Yahoo mampu pada posisi puncak di sekitar tahun 2000, Google mampu menerobos
liga besar tersebut. sehingga Google dipandang sebagai mesin pencari yang utama
seperti yang kita ketahui pada hari ini.
Yahoo
Yahoo raja directori di internet, di
samping para pengguna internet melihat DMOZ serta LookSmart berusaha menurunkan
nya dari posisi puncak tersebut. Akhir-akhir ini, telah tumbuh secara cepat
dalam ukurannya, mereka pun sudah memiliki harga sehingga mudah untuk
memasukinya, dengan demikian, mendapatkan sebuah daftar pada direktori Yahoo
memang memiliki nilai yang tinggi.
pada tahun 2001, mesin pencari Google berkembang
besar. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan PageRank.
Setiap halaman diurutkan berdasarkan seberapa banyak situs yang terkait, dari
sebuah premis bahwa situs yang diinginkan pasti lebih banyak terhubung
daripada yang lain. Rangking situs (The PageRank)dari sebuah link halaman dan
jumlah link dari halaman-halaman tersebut merupakan masukan bagi Rangking situs
yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan bagi Google untuk mengurutkan hasilnya
berdasarkan seberapa banyak halaman situs yang menuju ke halaman yang
ditemukannya. User interface Google sangat disukai oleh pengguna, dan
hal ini berkembang ke para pesaingnya.
Manfaat
- mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan.
- Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.
- Sebagian besar (hampir 70%) pengguna mesin pencari tidak pernah klik pada hasil pencarian sponsor. Dengan demikian, hasil pencarian yang organik (secara alami) akan membuat suatu website memperoleh posisi strategis dalam dunia internet.
- Di negara-negara maju, porsi penjualan yang dilakukan melalui internet sudah hampir mencapai 20% dari keseluruhan transaksi tahunan.
- Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
- Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet
Cara kerja mesin pencari
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi
tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW.
Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser
web otomatis yang mengikuti setiap pranala/link yang dilihatnya. Isi setiap
halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata
diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman
web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam
pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan
seluruh atau sebagian halaman sumber (yang
disebut cache) maupun
informasi tentang halaman web itu sendiri.
Selain halaman web, Mesin pencari juga menyimpan dan
memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya,
serta informasi
tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang
semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
Ketika seseorang mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya
dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar
halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan
singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.
Ada jenis mesin pencari lain: mesin pencari real-time,
seperti Orase. Mesin seperti ini tidak
menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan
jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang
digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam
beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan
lebih sedikit sumber daya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir
100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian
lebih lama rampungnya.
Manfaat mesin pencari bergantung
pada relevansi hasil-hasil yang
diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu
kata atau frasa, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau
autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai
metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar
mampu memberikan hasil "terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan
halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan,
sangat bervariasi. Metode-metode nya juga berubah seiring waktu dengan
berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial
yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial,
yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih
tinggi dalam hasil pencarian.
Pentingnya mesin pencari optimasi
Salah satu alasan yang menyebabkan diperlukan mesin pencari
optimasi adalah karena ada banyak World Wide Web
Wanderer yang sudah ada, dan akan terus bertambah di setiap bulannya.
Sebagai Contoh, seseorang mempunyai World Wide Web
Wanderer untuk menjual produk pertanian maka di Indonesia akan ada puluhan
atau ratusan Website sejenis. Sementara itu, jika ingin melihat segmen dunia
maka akan lebih banyak lagi jumlahnya. Untuk itu, dengan menempatkan posisi di
tingkat ada dalam hasil pencarian maka akan membuat website pengguna tersebut
ibarat toko strategis yang terletak di tepi jalan besar. Dengan SEO yang bagus
maka kemungkinan website anda dikunjungi oleh orang lain akan lebih besar.
Dengan Kaidah SEO yang bagus, website menggunakan lebih
jelas atau keluhan sehingga akan lebih diperhatikan oleh mesin pencari. itulah
inti dari SEO, yaitu untuk membuat website anda diperhatikan oleh mesin
pencari.
Pencarian
Proses Pencarian
Melakukan pencarian dokumen yang dimuat pada suatu situs
bisa begitu mudah dan kelihatannya mungkin sulit juga. apalagi mengignat begitu
menyebarnya informasi dimana-mana, bahkan University of Calofornia menyebutkan
saat ini telah terdapat lebih dari 50 milyar halaman web di internet,
meskipun tidak ada ada satupun yang benar-benar tahu jumlah persisnya.
kesulitan yang mungkin terjadi adalah karena WWW tersebut
tidak terdata dalam bentuk yang terstandardisasi isinya. tidak sama halnya
dengan katalog yang ada di perpustakaan, yang memiliki standardisasi secara
mendunia berdasarkan subjek dari judul buku, meskipun jumlahnya juga tidak
sedikit.
Dalam pencarian di web,
pengguna selalu memperkirakan kata apa yang di kira-kira terdapat pada halaman
yang ingin anda temukan. atau kira-kira apa subjek yang dipilih oleh seseorang
untuk mengelolah halaman situs yang mereka kelola, topik apa saja kira-kira
yang di bahas.
Jika pengguna melakukan apa yang dikenal dengan pencarian
pada halaman web, sebenarnya tidaklah melakukan pencarian. tidak mungkin
melakukan pencarian di WWW
secara langsung.
Pada web benar-benar terdiri dari banyak sekali halaman
web yang ingin disimpan dari berbagai server diseluruh dunia. Komputer
pengguna tidak langsung melakukan pencarian kepada seluruh komputer tersebut
secara langsung.
Apa yang mungkin pengguna lakukan hanyalah melalui komputer
untuk mengakses satu atau lebih perantara yang disebut dengan alat bantu
pencarian yang ada saat ini. Melakukan pencarian pada alat bantu itu tadi ke
database yang dimiliki. data base tersebut mengkoleksi situs-situs yang
ditemukan dan simpan.
alat bantu pencarian ini menyediakan hasil pencarian dalam
bentuk hypertext link dengan URL menuju halaman lainnya. ketika anda
klik link ini, dan menuju ke alamat tersebut maka dokumen, gambar, suara dan
banyak lagi bentuk lainnya yang ada pada server tersebut disediakan,
sesuai dengan informasi yang terdapat di dalamnya. layanan ini bisa menjangkau
ke manapun di seluruh dunia.
Tidak mungkin seseorang untuk melakukan pencarian ke
seluruh komputer yang terhubung internet ini, atau bahkan alat bantu pencarian
yang mengklaim bahwa melakukannya, tidak benar.
Kategori Alat Pencari
Saat ini, tiga bentuk dari alat bantu pencarian ini.
Menggunakan strategi yang berbeda untuk memanfaatkan kemampuan potensial dari
masing-masing nya, yaitu
Mesin pencari dan mesin pencari-meta
Karakteristik:
- Menyimpan data dalam bentuk teks penuh pada halaman yang terpilih,
- Pencarian berdasarkan kata kunci, mereka mencoba mencocokkan dengan tepat kata kunci tersebut dengan teks yang ada dalam dokumen,
- Tidak perlu dilakukan browsing, dan tidak ada subjek dari kategori,
- Database dijaring dan dikumpulkan oleh spidr, yaitu komputer yang memiliki program robot, dengan kemampuan seminimal mungkin dari pandangan atau sentuhan manusia,
- Ukuran search engine:dari skala kecil hingga mampu menyimpan sangat banyak (sekitar hingga 20 milyar halaman web).
- Meta-search engine dengan cepat melakukan pencarian ke dalam beberapa data base dari berbagai search engine dalam satu kali permintaan. hasilnya adalah daftar yang hasilnya dan penggabungan hasil pencarian dari beberapa mesin pencari yang mereka libatkan. Contoh : Search engine: Google, Yahoo Search, Ask.com. Meta-Search : Dogpile, Copernic, dan lainnya.
Subject Directories
- Karakteristik :
- Seleksi dari situs yang ada merupakan seleksi langsung yang dilakukan oleh manusia, kadang kala para ahli untuk subjek tertentu,
- Sering dengan hati-hati dievaluasi dan menjaga keterbaruan informasi yang mereka miliki, namun tidak selalu, kadang-kadang tidak, terutama untuk mereka yang telah memiliki data yang banyak dan bersifat general,
- Biasanya dikelola dalam bentuk subjek dan direktori yang tersusun secara hirarki,
- Sering dilengkapi dengan catatan mengenai deskripsinya ( tidak untuk Yahoo),
- Subjek dapat di-browse subjek dan kategorinya atau melakukan pencarian berdasarkan kata-kata tertentu,
- Dokumen yang tidak penuh teks. pencarian diminta lebih spesifik dibandingkan dengan pencarian melalui mesin pencari, karena kata kunci tidak bisa dibandingkan dengan isi dari halaman suatu situs, melainkan hanya pada subjek, kategori-kategori, dan deskripsi.
- Terdapat ribuan atau bahkan lebih subjek direktori dalam praktek dan kenyataannya apa saja yang dipikirkan di sana.
Specialized Databade (Invisible Web)
Karakteristik :
- Merupakan web yang menyediakan akses melalui suatu kotak pencarian ke dalam isi database pada sebuah komputer di suatu tempat,
- Dapat saja berubah berbagai topik, dapat pula juga hal yang komersial, pekerjaan yang spesifik, pemerintahan, dll
- Juga terdiri dari banyak halaman yang menghasilkan hasil pencarian dari katalog direktori online.
Prinsip Umum Dari mesin pencari
Sistem kinerja mesin ini ada beberapa hal yang perlu di
perhatikan terutama keterkaitannya dengan masalah arsitekrut dan mekanismenya.
Spider
Merupakan program yang men-download halaman-halaman yang
mereka temukan, mirip dengan browser. Perbedannya adalah bahwa browser
menapilkan secara langsung informasi yang ada (baik tekas, gambar, dll). Untuk
kepentingan manusia yang menggunakannya pada saat itu, sedangkan spider tidak
melakukan untuk menampilkan dalam bentuk yang terlihat seperti itu, karena
kepentingannya adalah untuk mesin, bukan untuk manusia, spider pun dijalankan
oleh mesin secara otomatis. Kepentingannya adalah untuk mengambil
halaman-halaman yang dikunjunginya untuk disimpan kedalam database yang
dimiliki oleh search engine.
Crawler
Merupakan program yang dimiliki search engine untuk melacak
dan menemukan link yang terdapat dari setiap halaman yang ditemuinya. Tugasnya
adalah untuk menentukan spoder harus pergi kemana dan mengevaluasi link
berdasarkan alamat yang ditentukan dari awal. Crawler mengikuti link dan
mencoba menemukan dokumen yang belum dikenal oleh search engine.
Indexer
Komponen ini melakukan aktifitas untuk menguraikan
masing-masing halaman dan meneliti berbagai unsur, seperti teks, headers,
struktur atau fitur dari gaya penulisan, tag HTML khusus, dll.
Database
Merupakan tempat standar untuk menyimpan data-data dari
halaman yang telah dikunjungi, di-download dan sudah dianalisis. kadang kala
disebut juga dengan index dari suatu search engine.
Result Engine
Mesin yang melakukan penggolongan dan penentuan peringkat
dari hasil pencarian pada search engine. Mesin ini menentukan halaman mana yang
menemui kriteria terbaik dari hasil pencarian berdasarkan permintaan penggunanya,
dan bagaimana bentuk penampulan yang akan ditampilkan.
Proses ini dilaksanakan berdasarkan algoritma
perangkingan yang dimiliki oleh search engine tersebut, mengikuti kaidah perangkingan
hakaman yang dipergunakan oleh mereka adalah hak mereka, para peneliti
mempelajari sifat-sifat yang mereka gunakan, terutama untuk meningkatkan
pencarian yang dihasilkan oleh serach engine tersebut.
Web Server
Merupakan komponen yang melayani permintaan dan memberikan
respon balik dari permintaan tersebut. Web Server ini biasanya menghasilkan informasi
atau dokumen dalam format HTML. Pada halaman tersebut tersedia layanan untuk mengisikan
kata kunci pencarian yang diinginkan oleh usernya. Web Server ini juga
bertanggung jawab dalam menyampaikan hasil pencarian yang dikirimkan kepada
komputer yang meminta informasi.
Berikut ini adalah beberapa mesin pencari:
- Google ( http://www.google.com/ )
- Yahoo ( http://www.yahoo.com/ )
- Open Directory ( http://www.dmoz.com/ )
- MSN ( http://www.msn.com/ )
- Live ( http://www.live.com )
- Altavista ( http://www.altavista.com )
- AOL ( http://www.aol.com )
- Altheweb ( http://www.althweb.com )
- Baidu ( http://www.baidu.com )
- Looksmart ( http://www.looksmart.com )
- Solusee ( http://www.solusee.com )
0 komentar:
Posting Komentar